Sup Ayam

Salah satu masakan berkuah favorit saya adalah sup ayam. Rasa kaldu yang gurih, kombinasi sayuran berwarna-warni, selalu berhasil meningkatkan mood saya tiap kali menyantapnya. Terlebih lagi, kita tidak perlu menambahkan penyedap rasa karena rasa kaldunya sudah pas di lidah. Saya tidak pernah mengkhususkan hanya memakai ayam kampung saat membuat sup ini. Selain karena malas untuk pergi ke pasar hanya sekedar untuk membuat sup ayam, ayam kampung juga memiliki harga yang lebih mahal daripada ayam negeri. Terlebih lagi, untuk membuat ayam kampung empuk, akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Apapun itu, semua hanya alasan saya saja :P. Walau bagaimanapun juga, kaldu ayam kampung lebih gurih daripada ayam negeri dan jika kalian memiliki waktu dan tenaga berlebih, pakai saja ayam kampung dan rebus paling tidak selama 60menit dengan api sedang.

Untuk bahan sayur, saya biasa membeli paketan sayur sop di warung seharga 2000 rupiah saja. Isinya sederhana sih, biasanya seperempat buah kol ukuran kecil, beberapa helai daun bawang dan seledri, dan satu batang wortel. Saya memang selalu memasak dalam porsi kecil karena hanya ada 2 orang dewasa di rumah, dan ‘bos kecil’ saya masih terlalu kecil untuk ikut hitungan menu per orang. Jadi, masih bisalah si bocil dihitung icip-icip saja hohoho.
Kembali ke resep, sewaktu saya masi kecil, ibu saya mengajarkan kalau memasak sop, semua bumbu dihaluskan lalu di tumis sampai harum, baru dimasukkan ke kuah sop. Awal-awal saya memasak, masih memakai resep dari ibu, tapi lama-lama, rasa malas melanda dan akhirnya semua bumbu tidak ditumis, alih-alih menghaluskan, saya cuma mencincang saja, toh bumbu inti cuma bawang merah + bawang putih. Merica masih bisa diakali dengan merica bubuk. Berhubung stok merica bubuk hitam saya masih melimpah, saya selalu memakai merica ini untuk semua masakan saya yang membutuhkan merica/lada. Sebenarnya, memakai merica putih akan memberi rasa pedas khas merica dan menambah kelezatan pada masakan. Sedangkan merica hitam hanya menambah aroma saja tanpa meninggalkan jejak rasa pedas khas merica. Tetapi, kembali lagi pada stok merica bubuk hitam masih banyak, maka saya memilih untuk memakainya saja hanya untuk alasan praktis 😛
Langsung saja, kita menuju pada resep dan cara membuat :

Menu untuk 2 orang

Bahan :
  1. Sayur sop 1 bungkus kecil
  2. 1 siung bawang putih
  3. 2 siung bawang merah
  4. Garam dan merica secukupnya
  5. 250 gr ayam (saya memakai ayam negeri)
  6. Penyedap rasa secukupnya
  7. 1lt air
Cara Membuat :
  1. Cuci bersih ayam, rebus dengan 500 ml air menggunakan api sedang hingga kuah terlihat sedikit berminyak dan agak menyusut.
  2. matikan Api sebentar, disini kita bisa memotong daging sesuai selera, panaskan rebusan ayam dan tambahkan sisa 500ml air yang belum dimasukkan tadi.
  3. Cuci bersih sayuran, potong-potong sesuai selera. Masukkan sayuran ke dalam rebusan ayam saat kuah sudah mendidih.
  4. Sebaiknya masukkan terlebih dulu sayuran yang bertekstur keras seperti wortel dan kentang, tunggu hingga sayuran terlihat agak empuk (+/- 5menit)
  5. masukkan sisa sayuran lainnya seperti kol, daun bawang, seledri dll.
  6. Saat memasukkan bumbu (bawang putih dan bawang merah), disini ada 2 cara, yaitu : bumbu dihaluskan, campur dengan garam dan lada sekalian lalu tumis sebentar dan masukkan ke dalam kuah. Atau, jika tidak ingin terlalu berminyak, cukup cincang halus bumbu dan segera masukkan ke dalam kuah, lalu masukkan garam dan merica.
  7. Cicipi rasa sesuai selera, jika dirasa kurang gurih, bisa menambahkan bumbu penyedap.
  8. Aduk-aduk rata sop, matikan api, sajikan segera selagi hangat.
Catatan :
  1. Untuk finishing, bisa ditambahkan taburan bawang goreng agar aroma sup semakin wangi.
  2. Gula pasir bisa dijadikan alternatif penyedap rasa, tapi hati-hati saat memasukkan gula pasir, karena jika tidak seimbang antara asin+manisnya, rasa sup akan jadi tidak gurih tapi akan cenderung manis.
  3. Menu ini akan lebih enak jika disajikan dengan aneka sambal, dan perkedel kentang, tapi tempe goreng atau tahu goreng asin juga enak kok.
Selamat  mencoba,
Resep hasil kreasi sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *