Nasi Goreng Sayur

Nasi Goreng adalah salah satu masakan favorit saya. Dulu, sewaktu saya masih kecil, nasi goreng merupakan menu andalan ibuk dan kami menyantapnya hampir tiap malam, apalagi jika ditambah telur ceplok. Tidak ada yang bisa menandingi kelezatan sepiring nasi goreng sederhana buatan ibuk. Miss you mom *tears.
Menurut saya, nasi goreng itu merupakan salah satu varian makanan yang bisa di modif habis habisan. mulai dari bumbu, topping bahkan isiannya. Bermodal resep dasar warisan ibuk, kali ini saya akan menyajikan resep nasi goreng sayur.
Alasan pertama, karena faktor usia kalender (baca : tanggal tua), stok kulkas pun menjadi terbatas, untuk memasak jenis masakan lainpun kurang memungkinkan karena budget yang mepet untuk belanja.
Alasan kedua, biar nasi gorengnya tidak terlalu plain, sisa-sisa sayur mayur yang hampir membusuk saya sisihkan bagian yang masih bisa dipakai untuk campuran. Edisi dibuang sayang. Tapi tenang, ndak bikin keracunan apalagi opname kok, paling mules-mules bentar wkwkwk, bercanda… Saya termasuk jago mempermark makanan yang intinya bisa jadi sesuatu yang beda dan rasa yang wow juga (silahkan artikan sendiri definisi ‘wow’ wkwkwk) ini skill warisan ibuk juga lho, LOL
Alasan ketiga, sebenarnya ndak ada alasan penting lagi sih, ini sekadar pembuktian skill masak saya memakai bahan bahan yang mungkin buat sebagian orang sudah saatnya dibuang. Kalo kata pak suami saya itu master of scavenger… ntahlah maksudnya apa itu. Udah browsing di wikipedia tapi kok scavenger itu burung pemakan bangkai yaks…
Kunci kesuksesan (kunciii…) nasi goreng, menurut saya ada pada kualitas nasi. Nasi loh ya, bukan beras. Nasi yang dimasak lembek (contoh buat balita, orang tua) kalau dimasak terlalu lama di wajan penggorengan, dia akan menjadi basah dan lembek, lama-lama bisa hancur, tekstur masakan akan seperti bubur tapi kering tapi bubur tapi … ah sudahlah. Saya sih pribadi, menyarankan pakailah nasi yang dimasak agak keras, kalau orang jawa bilang ‘pero’, jadi intinya jumlah air yang dipakai sedikit lebih dikurangi, penjual nasi goreng biasanya pakai nasi jenis ini. Tapi kalau memang tidak punya nasi ‘pero’ pakai nasi rada lembek pun jadi, tapi stepnya sedikit berbeda. Saat nasi dimasukkan, segera matikan wajan dan campur-campur nasi dengan bumbu seperti biasa sampai rata, nyalakan api, aduk-aduk sebentar saja langsung matikan api lagi. Cara ini bisa mengurangi tingkat kelembekan nasi.
Nasi goreng sayur hasil karya dapur percobaan
Cukup berbasa-basi, langsung saja kita menuju cara membuat :
Porsi : 2 orang
Bahan :
  1. 1/5 piring nasi (kalau dimasak nanti cukup untuk 2 orang kok)
  2. Wortel potong kotak (3/4 bagian wortel masih bisa diselamatkan)
  3. Kol potong tipis memanjang (1/4 bagian dari kol utuh berukuran sedang)
  4. 1 helai daun bawang potong kecil kecil
  5. 1 helai selederi cincang kecil-kecil
  6. 1 siung bawang bombay cincang kasar
  7. 1 siung bawang putih cincang kasar
  8. 2 butir telur masak orak arik
  9. 1/5 sdt saus tiram
  10. 1 sdm kecap manis
  11. bumbu penyedap (jika suka)
  12. Garam dan merica secukupnya
  13. 2sdm minyak untuk menggoreng
Cara membuat :

  1. Goreng orak arik telur, sisihkan.
  2. dengan wajan yang sama, masukkan bawang bombay tumis hingga agak layu, tambahkan bawang putih, tumis hingga harum dan bawang bombay menjadi agak transparan.
  3. Masukkan potongan wortel, tumis sebentar, tambahkan potongan kol, tumis hingga kol terlihat agak layu, saus tiram, garam dan merica, setelah aagak mencampur, segera masukkan nasi.
  4. Masukkan kecap manis, disini selain untuk mempercantik penampilan nasi goren, fungsi kecap juga sebagai parameter kalau bumbu sudah tercampur rata dengan nasi, ciri-cirinya yaitu, sudah tidak ada nasi berwarna putih menggumpal.
  5. tambahkan daun bawang, koreksi rasa sesuaikan selera.
  6. Sajikan dengan taburan seledri dan telur orak arik.
Catatan :
  1. Lain kali saya akan mencapur telur orak arik langsung kedalam nasi goreng alih-alih disajikan terpisah.
  2. mungkin saya akan mencoba menambahkan saus tomat/cabai dan juga potongan cabai agar rasa tidak terlalu plain.
  3. saya pernah memasukkan kecambah kecil-kecil yang biasa dipakai untuk soto ayam, dan terus terang… rasanya tidak enak … mungkin kecambahnya terlalu banyak
  4. Bagaimana kalau ditambah petai? hmmm
  5. Ditambah dengan teri nasi plus nanas juga enak, tp lebih baik hilangkan penggunaan garam, resepnya akan saya cantumkan di blog lain kali.
Selamat mencoba
Resep hasil karya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *