Chicken Patty/Chicken Pancake

Ini murni projek iseng saya. Kalau mau jujur, chicken patty seperti apa bentuk dan rasanya, saya sama sekali tidak tahu. Seumur-umur makan burger, daging yang dipakai ya burger sapi. Kalau beli burger di kaki lima malah dapetnya cuma daging asap saja. Kesimpulannya, ini murni coba-coba, yang penting kan hasilnya ga bikin keracunan, ya to…hehehe.
Dalam pemikiran saya, harusnya adonannya padat, mudah dibentuk. Tapi kenyataannya, adonan patty saya sangat-sangat lembek, boro-boro bisa dibentuk, baru dicampur-campur saja, semuanya sudah lengket di tangan (doh) 😑.
Setelah dipikir-pikir, ini kesalahan saya juga. Saya memakai ayam yang masuk ke dalam freezer dan teksturnya sudah beku. Alih-alih langsung masuk ke chopper, ayamnya saya rendam dengan air biar dagingnya ndak beku lagi, plus, saya juga menambahkan satu butir telur yang bikin adonan jadi semakin lembek.
Daripada di buang sayang, adonan tetap saya masak di atas penggorengan anti lengket. Dirasa-rasa malah kek lagi masak pancake. Tapi ndak apa-apa, toh hasilnya tetap cantik dan enak.
pancake ayam atau patty ayam atau burger ayam, jenis masakan hasil dapur percobaan yang ‘galau’
baiklah mari kita langsung menuju proses dan cara membuatnya :
resep untuk 2 orang
Bahan :
  1. 200gr daging ayam giling
  2. 1 butir telur
  3. 1 helai daun bawang potong tipis
  4. 1/2 buah wortel ukuran kecil potong kotak-kotak kecil
  5. 1/2 sdt saus tiram
  6. 2 sdm bread crumb/tepung roti
  7. 1 jumput italian mix herbs (bisa di-skip jika tidak ada)
  8. garam dan merica secukupnya
Cara membuat :
  1. Campur daging ayam giling dengan semua bahan, aduk-aduk rata. Cicipi rasa dengan cara menggoreng sedikit adonan, sesuaikan selera.
  2. Tuang adonan ke panci anti lengket, tunggu bagian bawah matang (agak kecoklatan) baru balik sisi satunya, angkat.
  3. Sajikan selagi hangat
Catatan :
  1. Sebenarnya membuat masakan ini sangat mudah, toh tinggal dicampur-campur, lalu panggang.
  2. Saya memakai italian mix herbs untuk menambah sensasi rasa dan menghilangkan bau amis ayam yang kadang sering muncul jika dimasak dengan metode seperti ini.
  3. Karena kandungan air pada daging yang saya pakai itu tinggi, saat di campur, adonan terasa lembek sekali. Bisa langsung dimasak menggunakan pan anti lengket, caranya seperti memasak pancake, yaitu adonan kental dituang saat pan benar-benar panas, tunggu sampai bagian bawah matang / berwarna kecoklatan, lalu balik ke sisi satunya.
  4. Jika ingin adonan terasa padat, bisa ditambahkan bread crumb, tetapi saya tidak bisa menjamin tekstur makanan, bisa jadi akan terasa keras dan alot.
  5. Jika daging tidak mengandung banyak air, kemungkinan adonan akan padat seperti adonan burger/patty pada umumnya. Tinggal dibentuk bulat, lalu pipihkan dan panggang di atas pan anti lengket. Tunggu bagian bawah nya matang dulu/kecoklatan, lalu balik ke sisi satunya.
  6. Usahakan api yang digunakan tidak terlalu besar dan pan bisa diolesi minyak/sedikit mentega agar rasanya lebih gurih.
Selamat mencoba,
resep hasil kreasi sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *