ayam, goreng, tepung, renyah

Ayam Goreng Tepung ala Dapur Percobaan

Beberapa hari yang lalu saya membeli tepung instant dari teman sekantor. Tepung instant tersebut diklaim tidak mengandung MSG. Karena penasaran, maka saya-pun mencoba membelinya. Kesan pertama adalah aroma bawang putih bubuk yang terasa sekali. Mungkin ini yang membuat tepung terasa gurih saat dimasak. Minus-nya, bagi saya tepung ini masih sedikit terlalu asin. Tapi secara keseluruhan, hasil gorengan nya sangat-sangat renyah. Hanya saja, seperti kebanyakan tepung goreng yang lainnya, gorengan akan sedikit melempem saat dingin. Bukan masalah sih, toh langsung habis dimakan kami berdua… ya cuma saya dan pak suami yang menghabiskan. Bos kecil ternyata belum tertarik icip-icip. NO problemo… masih ada lain waktu, lagipula gorengan memang kurang disarankan dikonsumsi batita, betul ga ya ?
Dalam rangka memanfaatkan si-tepung instant ini, isenglah saya membeli ayam seperempat kilo di warung. Sengaja saya memilih ayam yang tulang nya sedikit karena saya akan memanfaatkan dagingnya secara maksimal,  ibu-ibu banget ya hihihi. Seperti biasa, tulang yang tidak dimanfaatkan saya cuci bersih dan rebus dengan air hingga berminyak untuk persediaan kaldu dirumah. Oke tulang sudah tersisihkan, mari kita membahas per-dagingan.
Biasanya saya menggunakan tepung sagu dicampur beberapa bumbu bubuk untuk menggoreng ayam goreng tepung, karena sudah terbukti keempukan plus kerenyahan hasil gorengan, menurut saya tentunya. Saat melihat komposisi tepung instant yang saya beli, tepung nya mengandung terigu dan tapioka. Well, saya pikir tidak ada salahnya mencoba kombinasi tepung seperti ini. Untuk komposisi bumbunya, saya menambahkan Italian mix herbs. Entah kenapa saya suka aroma si-mix herbs ini. Bukan bermaksud sok kebarat-baratan ya, tapi si-mix herbs ini mampu menghilangkan aroma amis ayam mentah. Kadang kan kalo  kita beli ayam goreng tepung pinggir jalan itu, masih suka kecium aroma amis daging mentah kan ya, nah si-mix herbs ini menghilangkan aroma itu dan menambahkan cita rasa yang beda. Coba deh, beneran enak lho.
Langsung saja kita menuju pada bahan dan cara membuat si ayam goreng tepung ini :
ayam goreng tepung crispy ala dapur percobaan
Porsi untuk 2 orang
Bahan :
  1. 250 gr ayam, potong kotak-kotak kecil
  2. 1 sdm bubuk bawang putih
  3. 1 sdt bubuk kunyit atau bubuk kari juga bisa
  4. 1/2 sdt saus tiram
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2 sdt merica bubuk
  7. 1/2 sdt italian mix herbs
  8. 1 butir telur
  9. 2 sdm susu cair
  10. 100 gr tepung goreng instan / secukupnya
Cara membuat :
  1. Cuci bersih daging ayam, potong kotak-kotak kecil.
  2. Campur daging ayam dengan bubuk bawang putih, bubuk kunyit/kari, saus tiram, garam, merica, italian mix herbs. Saat mencampur, usahakan dengan gerakan sedikit meremas.
  3. Biarkan selama 30 menit atau sampai mendekati jam makan. Saya memasukkan ke dalam kulkas selama +/- 2jam
  4. Siapkan Tepung goreng instant dalam satu wadah.
  5. Dalam wadah lain, kocok telur dan susu cair. Kocok ringan saja yang penting tercampur rata.
  6. Ambil satu buah daging ayam, celupkan ke dalam tepung instant, lalu masukkan ke dalam kocokan telur, celupkan lagi ke dalam tepung instant. Agar hasil gorengan agak keriting, remas-remas sedikit saat membalurkan daging dengan tepung instant.
  7. Ulangi step nomer 6 hingga semua potongan daging habis.
  8. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang agar daging matang sempurna.
  9. Usahakan agar gorengan tercelup minyak sempurna dan jangan di bolak balik karena tepung bisa lepas.
  10. Angkat gorengan saat sudah berwarna cokelat keemasan dan bunyi mendesis mulai berkurang.
  11. Sajikan hangat-hangat dengan nasi putih hangat.
Catatan :
  1. Besar kecilnya potongan daging akan sebanding dengan lama penyimpanan agar rasa bumbu bisa meresap ke dalam daging ayam. Semakin kecil potongan daging, maka waktu marinasi/perendaman akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan potongan ayam yang besar.
  2. Saya memotong sebesar 2×2 cm dan menyimpan selama 2jam, hasilnya memang meresap tapi agak terlalu asin jadinya, apalagi tepung instant yang dipakai juga sudah berasa asin. Lain kali saya akan menggunakan potongan yang lebih besar atau waktu penyimpanan yang lebih singkat.
  3. Proses pemberian tepung bisa juga dengan metode mencampur telur, tepung dan daging ayam. Memang akan menjadi adonan agak lembek, tapi itu metode yang sangat praktis dan tidak membutuhkan wadah yang banyak sehingga menghemat cucian. Hasil gorengan memang tidak akan keriting seperti ayam goreng tepung pinggir jalan, dan akan terasa agak padat.
Selamat mencoba
resep kreasi sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *