sambal goreng, tongkol, ikan, pedas

Sambal Goreng Tongkol

Ikan tongkol merupakan masakan favorit keluarga besar kami. Hampir 2 minggu sekali, masakan ini selalu tersaji di meja makan. Entah itu dimasak sendiri oleh ibuk, atau beli di warung terdekat. Jika beli di warung, biasanya akan ada tambahan potongan petai dan gajih sapi dikuahnya. Jika ibuk yang memasak sendiri, memang tidak ada tambahan petai dan gajih, tapi kuahnya terasa lebih gurih dan pekat, tidak se-encer jika beli di warung.

Jika di Wonosobo, ikan tongkol sudah diawetkan dengan cara dikukus bersama garam, maka lain halnya di Semarang ataupun Jogja. Ikan tongkol dijual dalam keadaan masih segar, dijual bersama produk laut lainnya. Sedikit heran sih, kalau ikan salem atau pindang (sebutan buat si ikan di keluarga kami) di manapun, pasti dijual dalam bentuk yang sudah diawetkan. Tapi biarkan jadi misteri saja, toh saya jug amalas mencari tahu hahaha. Untuk memasak sambal goreng ini, sebenarnya saya lebih suka ikan tongkol yang sudah diawetkan karena memperpendek waktu memasak. Kita hanya perlu memotong sesuai selera dan goreng. Tapi, kalau yang ada ikan tongkol segar, tidak masalah juga, biarpun proses memasak jadi lebih lama, toh rasa yang dihasilkan juga lebih enak karena ikan masih segar.

Oh ya, sedikit tambahan, jika ikan mau diganti dengan ikan salem juga bisa lho, tidak ada batasan untuk memasak masakan ini. Mari langsung saja ke resep dan cara membuat :

Print Recipe
Sambal Goreng Tongkol
sambal goreng tongkol dengan cita rasa gurih pedas
tongkol, sambal, goreng
Course Main Dish
Cuisine Tradisional
Prep Time 10 menit
Cook Time 30 menit
Passive Time 20 menit
Servings
orang
Ingredients
haluskan
Course Main Dish
Cuisine Tradisional
Prep Time 10 menit
Cook Time 30 menit
Passive Time 20 menit
Servings
orang
Ingredients
haluskan
tongkol, sambal, goreng
Instructions
  1. Jika tongkol yang digunakan adalah tongkol yang sudah diawetkan (dikukus dan digarami), kita hanya perlu memotongnya sesuai selera lalu goreng hingga setengah matang, sisihkan.
  2. Jika tongkol masih segar, maka setelah dicuci bersih dan dipotong sesuai selera, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama kurang lebih 10menit, cuci bersih kembali lalu goreng hingga setengah matang, sisihkan.
  3. Tusmi bumbu yang telah dihaluskan, sebaiknya menggunakan minyak sisa menggoreng tongkol (sekitar 2-3 sdm saja). Masukkan daun salam, lengkuas dan serai. Tumis hingga harum dan bumbu agak kering.
  4. Masukkan santan, aduk-aduk, tambahan gula dan garam.
  5. Masukkan tongkol, hati-hati saat mengaduk agar tidak mudah hancur. Diamkan beberapa saat (tutup rapat masakan/ungkep tongkol akan menyerap bumbu lebih baik).
  6. Jika santan sudah terlihat menyusut, koreksi rasa, sesuaikan dengan selera. Bisa ditambahkan bumbu penyedap jika suka.
  7. Masukkan potongan daun bawang, aduk-aduk perlahan, tunggu hingga agak layu, angkat dan sajikan. Selamat mencoba.
Recipe Notes
  • Jika menyukai petai, dapat dimasukkan bersamaan dengan potongan daun bawang.
  • Atau bisa juga ditambahkan tetelan daging sapi. Tetelan dapat direbus terlebih dahulu hingga empuk, potong-potong sesuai selera, masukkan bersamaan dengan tongkol agar bumbu juga dapat meresap kedalam daging.
  • resep hasil kreasi pribadi.
Share this Recipe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *