perkedel kentang, kentang, goreng, renyah

Perkedel Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan favorit keluarga kami. Mungkin karena faktor daerah pegunungan dengan komoditas utama kentang, sehingga murah dan mudah ditemukan di pasar dengan kualitas tinggi. Ibuk sering sekali membuat olahan kentang dari kering kentang, perkedel, sambal goreng, atau sop. Yang menjadi favorit adalah sambal goreng kentang dan tentu saja perkedel.

Perkedel buatan ibuk memang tidak mengedepankan estetika, jadi bentuknya abstrak karena beliau tidak pernah dengan sengaja membentuk menjadi bulat atau pipih seperti koin. Tapi untuk urusan rasa, masih menjadi favorit kami. Terus terang, tidak ada yang bisa mengalahkan enaknya perkedel ibuk. Beliau selalu menambahkan kunyit dalam perkedel-nya, ini yang membuat aroma dan rasa perkedel begitu khas dan gurih, tidak cepat merasa ‘neg.

Kebanyakan perkedel dikukus atau direbus, sehingga ketika digoreng terasa agak lembek. Ibuk biasanya memakai kentang yang digoreng dan langsung mencampurkan telur ke dalam tumbukan kentangnya. katanya sih biar cepat dan nggak ribet saja soalnya kalau telurnya dipakai buat bahan pelapis, pasti kentangnya harus dibentuk dulu, dicelup lalu digoreng. Tapi itu kembali ke selera masing-masing ya, mari kita menuju pada resep  dan cara membuat :

Print Recipe
Perkedel Kentang, resep warisan ibu
perkedel kentang renyah tidak lembek dan memiliki rasa yang khas
perkedel kentang, kentang, renyah, gurih
Course Side dish
Cuisine Tradisional
Prep Time 10 menit
Cook Time 20 menit
Passive Time 30 menit
Servings
orang
Ingredients
Course Side dish
Cuisine Tradisional
Prep Time 10 menit
Cook Time 20 menit
Passive Time 30 menit
Servings
orang
Ingredients
perkedel kentang, kentang, renyah, gurih
Instructions
  1. Cuci bersih kentang yang sudah dikupas, potong-potong agak kecil lalu goreng hingga setengah matang atau sampai empuk dan mudah jika dihancurkan
  2. Sambil menggoreng kentang, goreng juga bawang putih, bawang merah dan kunyit hingga agak kering dan mengeluarkan bau harum, angkat.
  3. Haluskan merica dan bumbu yang telah digoreng tadi, tambahkan garam dan penyedap jika memakainya.
  4. Hancurkan kentang, bisa dengan menggunakan ulekan bekas menghaluskan bumbu, atau bisa juga menggunakan garpu.
  5. Campurkan kentang dengan bumbu halus tadi. Koreksi rasa. Jika terlalu asin, bisa disiasati dengan menambahkan kentang goreng yang dihaluskan, campur hingga rasa sudah sesuai dengan keinginan.
  6. Masukkan potongan daun bawang dan kocokan telur, campur hingga benar-benar rata.
  7. Siapkan wajan untuk menggoreng, pastikan minyak sudah panas saat akan menggoreng.
  8. Ambil 1 sendok makan adonan, bentuk bulat seperti koin, atau langsung goreng juga bisa.
  9. Gunakan api sedang dan pastikan satu sisi sudah matang baru balik perkedel karena akan mudah hancur jika dibolak balik saat menggoreng.
  10. Jika sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat dan sajikan hangat. Selamat mencoba.
Recipe Notes
  • Goreng kentang jangan terlalu kering. Cukup sampai terlihat matang hingga ke bagian dalam. Saran saya, potong kecil-kecil kentang sehingga mempercepat waktu menggoreng.
  • Kentang yang digoreng sebelum ditumbuk akan menghasilkan perkedel yang benar-benar renyah. Jika Kentang direbus atau dikukus terlebih dahulu, hasil akhir perkedel akan lembek karena kentang akan mengandung lebih banyak air yang tidak bisa hilang saat digoreng. Jadi, kembali pada selera masing-masing untuk perkedel ini.
  • Kentang cukup ditumbuk/dihaluskan hingga hancur saja. Tidak perlu dihaluskan sampai benar-benar lembut seperti saat akan membuat sup kentang atau 'Mashed Potato'. Kentang yang masih bertekstur akan menambah cita rasa pada perkedel.
  • Jika suka, bisa ditambahkan cacahan daging rebus. Untuk resep ini, bisa ditambahkan 50 gram daging sapi yang direbus hingga empuk lalu dicincang halus, campurkan pada adonan kentang lalu goreng seperti instruksi di atas.
  • Resep merupakan warisan dari ibuk.
Share this Recipe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *