pie buah

Pie Buah

Pie merupakan salah satu hidangan panggang yang dapat diisi dengan berbagai macam bahan isian. Berhubung sudah memasuki bulan puasa, resep kali ini adalah pie buah yang cocok disajikan sebagai menu iftar setelah beberapa jam kita menahan haus dan lapar. Pie dengan isian vla yang cocok untuk mendinginkan perut ditambah dengan kombinasi buah-buahan segar pasti akan menambah nikmatnya berbuka puasa.

Buah yang dipakai bisa menyesuaikan dengan ketersediaan bahan. Buah yang dipakai bisa potongan kismis, kurma, atau buah kaleng seperti yang saya gunakan kali ini. Semua kembali lagi ke selera masing-masing. Oh ya, jika tidak suka dengan isian manis, pie bisa juga menggunakan isian gurih, mungkin resepnya akan saya tampilkan nanti jika ada kesempatan.

Sebelum menuju ke resep dan cara membuat, Kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan. Salam hangat dari Dapur Percobaan.

Print Recipe
Pie buah
pie buah, manis dan segar cocok untuk berbuka puasa
pie
Course dessert, snack
Prep Time 10 menit
Cook Time 15 menit
Passive Time 20 menit
Servings
orangq
Ingredients
Kulit Pie
Isi
Dressing
Course dessert, snack
Prep Time 10 menit
Cook Time 15 menit
Passive Time 20 menit
Servings
orangq
Ingredients
Kulit Pie
Isi
Dressing
pie
Instructions
Kulit Pie
  1. Campur seluruh bahan dengan menggunakan teknik mencincang. Jika sudah berbutir kasar, satukan dan campur-campur seperti menguleni tapi ringan saja, hingga adonan tercampur rata. Padatkan adonan, bungkus dengan plastic wrap, simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
  2. Sembari menyiapkan adonan kulit, panaskan oven dengan suhu kurang lebih 180 derajat celcius.
  3. Keluarkan adonan dari kulkas, siapkan tempat datar, taburi dengan tepung tipis-tipis. Pipihkan adonan dengan alat penggilas kurang lebih setebal 1 cm. Bagi menjadi 20 bagian sama rata.
  4. Gunakan cetakan pie berukuran kecil dan olesi permukaan menggunakan margarin. Ambil satu bagian kulit pie, ratakan dipermukaan cetakan, tekan-tekan sedikit agar dapat tercetak sempurna. Lakukan step ini hingga seluruh potongan kulit pie habis.
  5. Masukkan ke dalam oven, panggang kurang lebih selama 10 menit, atau hingga kulit terlihat sedikit kecoklatan, sisihkan.
Isi Pie
  1. Sambil menunggu adonan kulit pie dingin, masak vla sesuai dengan petunjuk kemasan, diamkan hingga dingin atau hangat suam-suam kuku.
  2. Potong-potong buah sesuai selera. Saya memotong buah cherry menjadi 4 bagian dan menggunakan 1 siung jeruk mandarin kaleng.
Dressing
  1. Untuk membuat dressing, masak agar-agar bening dengan gula dan air, aduk-aduk hingga mendidih, angkat.
Penyajian
  1. Saat kulit pie sudah dingin, keluarkan dari cetakan, masukkan adonan vla hingga 3/4 bagian atau sesuai selera, tata buah kaleng diatas vla, siram dengan adonan agar-agar cukup hingga menutupi permukaan buah (kurang lebih 1sdm). Sajikan dingin. Selamat mencoba.
Recipe Notes
  • Mencampur adonan saat membuat kulit pie terlalu lama akan membuat kulit pie alot dan keras. Agar terasa renyah, campur semua bahan hanya hingga tercampur saja, tidak perlu sampai kalis.
  • Pastikan kulit pie berwarna cokelat keemasan saat diangkat dari oven, tidak perlu menunggu selama 10menit jika kulit pie memang sudah matang. Lama pemanggangan tentu akan bervariasi selama proses memasak ini tergantung dengan alat yang digunakan.
  • Saya lebih suka jika pie dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas sebelum disajikan karena akan terasa lebih segar dan ada sensasi 'kres saat menyantapnya.
  • Jika tidak suka dengan isi manis, bisa saja diganti dengan isi yang gurih, resep akan menyusul ya,
  • Resep ini hasil modifikasi dari resep yang juga ada diinternet tetapi saya lupa menemukannya di mana.
Share this Recipe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *