kaldu, daging

Kaldu Daging Homemade

Memasak untuk batita itu … tantangan tersendiri. Kadang saya merasa harus seperti Ibu peri yang kalo masak itu cuma butuh kedip aja uda jadi … tapi kan, horror ndak sih kalo saya bisa gituan beneran? Heran kadang baru ngidupin kompor aja uda nangis kejer, mana si bayi minta makan tapinya ndak mau ditinggal, apalagi kalo lagi berantem sama si bapak … andai saya punya kloning (edisi curcol).

Kembali lagi ke edisi memasak, tentu bahan masakan semua maunya yang segar dan organik kan ya. Tapi kalau kekuatan dompet ndak mendukung, ya wes pakai sayuran seadanya. Tapi satu yang selalu berusaha saya pastikan, komitmen saya buat ndak pakai MSG sama sekali. Buat lidah bayi mungkin masih ndak masalah ya, tapi kalau buat lidah dewasa saya sama suami, hmmm beraaaatt… Awal-awal saya sampai ngidam MSG lho, serius ini.

Terus, tanpa MSG berati mesti pakai apa donk biar masakan gurih? tenang, ternyata kombinasi gula dan garam itu bisa bikin masakan sama gurihnya kok. Emang sih, ndak 11-12 sama MSG, tapi 9-12 kan masih belum jauh banget kan ya, asal ndak jajan diluar selama beberapa hari, lama-lama terbiasa juga kok si lidah.

Kalau untuk masakan berkuah, kita bisa tambah dengan kuah kaldu buatan sendiri. Untung beberapa waktu lalu nemu blognya ‘Just Try And Taste‘ disana sudah ada penjelasan komplit soal dunia per-kalduan. Lagi-lagi karena tidak bisa menemukan beberapa bahan sama persis, akhirnya jadilah modifikasi besar-besaran. dan hasilnya, wangi sih, tapi kuah kaldunya tidak bisa sekuning dan sejernih seperti di resep asal. Punya saya cenderung agak keruh dan tidak berlemak sama sekali. Alhamdulillah si bayi doyan dengan kuah ini. Terima kasih buat owner nya JTT, ilmu yang ditularkan benar-benar bermanfaat buat keluarga kecil kami.

Mari langsung saja menuju resep dan cara membuat

Print Recipe
Kaldu Daging Homemade
Kaldu daging bisa dijadikan sebagai bahan dasar masakan berkuah
kaldu, daging
Prep Time 20 menit
Cook Time 8 jam
Passive Time 20 menit
Servings
-
Ingredients
Prep Time 20 menit
Cook Time 8 jam
Passive Time 20 menit
Servings
-
Ingredients
kaldu, daging
Instructions
  1. cuci bersih tulang dan ceker ayam, rebus dengan api sedang hingga mengeluarkan buih hitam (tidak perlu sampai mendidih)
  2. buang air rebusan, cuci bersih kembali tulang dan ceker. Usahakan agar tulang benar-benar bersih sebelum direbus kembali.
  3. Masukkan ke dalam wadah, masukkan tulang sapi, ceker ayam dan semua bumbu. Saya memakai 2,5 liter air karena tulang sapi yang begitu besar, sedangkan saya ingin seluruh bagian tulang tercelup air saat merebus.
  4. Gunakan api kecil saja dan tutup wadah, rebus selama 4-5 jam atau hingga tingkat kekentalan sesuai keinginan.
  5. Saring kaldu dan taruh dalam wadah tertutup. Saya bagi kaldu sebanyak 150ml lalu saya taruh ke dalam wadah plastik seperti membuat es batu, lalu masukkan ke freezer. Kaldu bisa digunakan kapan saja dan bisa bertahan selama beberapa bulan karena dalam kondisi beku. Selamat mencoba
Recipe Notes
  • Resep ini sudah berbeda jauh dari resep asli, karena keterbatasan bahan. Namun untuk tingkat rasa, kaldu ini masih terasa gurih meskipun agak keruh.

Sumber : Homemade Kaldu Daging Just Try and Taste

Share this Recipe

1 thought on “Kaldu Daging Homemade”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *