Tempe Kemul (Tempe Goreng Tepung Khas Wonosobo)

Wonosobo adalah sebuah kota kecil yang berada di lembah gunung Sindoro, Sumbing dan di bawah dataran tinggi Dieng. Karena berada di daerah pegunungan, Suhu udara di Wonosobo terasa cukup dingin. Terus apa hubungannya dengan resep tempe kemul hari ini? Ndak ada … hehehe. Wonosobo adalah kota kelahiran kami, jadi tidak ada salahnya jika berkenalan dengan kota kecil ini (numpang promosi, daerah wisatanya keren-keren lho, bisa konsul dengan mbah GOOGLE tuh).

Kembali ke tema, hari ini kita akan membahas tentang tempe kemul. Sedikit contekan dari Wikipedia : ‘Tempe Kemul adalah makanan ringan yang terbuat dari tempe yang digoreng dengan dibalut gandum, pati / tepung singkong juga tepung beras dan biasanya ditambah daun kucai untuk pelengkap. Kemul dalam bahasa Jawa berarti selimut. Makanan ini umumnya disuguhkan dalam keadaan panas. Di beberapa daerah, tempe kemul dikenal dengan istilah tempe mendoan, hanya saja kalau mendoan umumnya dimasak dalam keadaan setengah matang dan tempe kemul sendiri ada tambahan kunyit untuk pewarna kuning.’

Sebenarnya, definisi tempe kemul tidak se-sederhana itu. Tekstur tepung gorengnya benar-benar berbeda dengan tempe goreng tepung pada umumnya. Rasa kriuknya khas karena tidak hanya terbuat dari gandum, tapi ada campuran tepung tapioka dan beras, namun komposisinya benar-benar masih misterius. Kenapa misterius, tidak pernah ada catatan dasar yang bisa dirujuk dan dijadikan resep baku. Setiap orang punya komposisi-nya masing-masing dan gorengan yang dihasilkan sama-sama enaknya, sama-sama khas, dan sama-sama dibilang tempe kemul, asal garing, kriuk berwarna kuning dan wangi.

Makanan ini bisa dijadikan lauk karena rasanya yang gurih apalagi jika dinikmati dengan sego megono khas Wonosobo. Dimakan dengan nasi putih hangat dan sambal bawang-pun tak kalah enak lho. Sekedar untuk camilan juga boleh, dimakan dengan cabe rawit, pas hujan … hmmm yummi … makanan ini bisa habis ‘tak makan sendiri … hihihi

Print Recipe
Tempe Kemul (Tempe Goreng Tepung Khas Wonosobo)
tempe goreng tepung khas daerah wonosobo, bercita rasa gurih, harum kunyit dan renyah
tempe kemul
Course Side dish, snack
Cuisine Tradisional
Prep Time 8 menit
Cook Time 5-10 menit
Passive Time 20 menit
Servings
Ingredients
haluskan
Course Side dish, snack
Cuisine Tradisional
Prep Time 8 menit
Cook Time 5-10 menit
Passive Time 20 menit
Servings
Ingredients
haluskan
tempe kemul
Instructions
  1. campur bumbu yang telah dihaluskan dengan tepung beras, tepung terigu, garam dan penyedap rasa
  2. tambahkan air perlahan-lahan. Sebaiknya menggunakan tangan agar tercampur dengan baik. Campur hingga adonan kental, jika dikucurkan dari atas akan turun dengan perlahan.
  3. koreksi rasa, sesuaikan dengan rasa asin yang diinginkan
  4. campur adonan dengan potongan daun bawang dan siapkan tempe yang telah dibelah menjadi dua.
  5. celup tempe ke dalam adonan tepung, goreng pada pinggiran wajan (2/3 bagian dari tempe berada di atas genangan minyak goreng), tambahkan sedikit tepung di bagian atas tempe yang tidak terkena minyak.
  6. percikkan sedikit minyak panas kebagian atas tempe, jika sudah kering, angkat tempe dan celupkan seluruhnya ke dalam minyak, bolak balik tempe dan goreng hingga garing. Selamat mencoba
Recipe Notes
  • Menggunakan air es akan lebih baik, karena adonan tepung terigu tidak akan cepat matang saat diaduk dengan air dan akan menghasilkan gorengan yang lebih renyah.
  • Penggunaan daun bawang bisa diganti dengan daun kucai yang dipotong sekitar 1cm. Tempe kemul yang original memang menggunakan daun kucai, tapi jika susah ditemukan bisa saja menggunakan daun bawang yang dirajang halus.
  • Menggoreng sebaiknya memakai wajan yang tebal yang terbuat dari besi karena panas yang dihasilkan benar-benar merata dan membuat gorengan tidak cepat gosong.
  • Jika ingin hasil yang lebih gurih, bisa ditambahkan sedikit parutan kelapa dalam adonan tepung.
  • Setiap akan menggoreng, sebaiknya adonan diaduk lagi sampai ke dasar wadah karena biasanya tepung beras mengendap dan perlu diaduk ulang.
Share this Recipe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *