Tempe Kemul (Tempe Goreng Tepung Khas Wonosobo)
tempe goreng tepung khas daerah wonosobo, bercita rasa gurih, harum kunyit dan renyah
Prep Time
8menit
Cook Time Passive Time
5-10menit 20menit
Prep Time
8menit
Cook Time Passive Time
5-10menit 20menit
Ingredients
haluskan
Instructions
  1. campur bumbu yang telah dihaluskan dengan tepung beras, tepung terigu, garam dan penyedap rasa
  2. tambahkan air perlahan-lahan. Sebaiknya menggunakan tangan agar tercampur dengan baik. Campur hingga adonan kental, jika dikucurkan dari atas akan turun dengan perlahan.
  3. koreksi rasa, sesuaikan dengan rasa asin yang diinginkan
  4. campur adonan dengan potongan daun bawang dan siapkan tempe yang telah dibelah menjadi dua.
  5. celup tempe ke dalam adonan tepung, goreng pada pinggiran wajan (2/3 bagian dari tempe berada di atas genangan minyak goreng), tambahkan sedikit tepung di bagian atas tempe yang tidak terkena minyak.
  6. percikkan sedikit minyak panas kebagian atas tempe, jika sudah kering, angkat tempe dan celupkan seluruhnya ke dalam minyak, bolak balik tempe dan goreng hingga garing. Selamat mencoba
Recipe Notes
  • Menggunakan air es akan lebih baik, karena adonan tepung terigu tidak akan cepat matang saat diaduk dengan air dan akan menghasilkan gorengan yang lebih renyah.
  • Penggunaan daun bawang bisa diganti dengan daun kucai yang dipotong sekitar 1cm. Tempe kemul yang original memang menggunakan daun kucai, tapi jika susah ditemukan bisa saja menggunakan daun bawang yang dirajang halus.
  • Menggoreng sebaiknya memakai wajan yang tebal yang terbuat dari besi karena panas yang dihasilkan benar-benar merata dan membuat gorengan tidak cepat gosong.
  • Jika ingin hasil yang lebih gurih, bisa ditambahkan sedikit parutan kelapa dalam adonan tepung.
  • Setiap akan menggoreng, sebaiknya adonan diaduk lagi sampai ke dasar wadah karena biasanya tepung beras mengendap dan perlu diaduk ulang.