Urap Sayur (Gudangan)

Urap sayur atau kalau orang semarang bilang ‘Gudhangan’ merupakan kumpulan berbagai macam sayur yang direbus dan dicampur dengan sambal kelapa. Masakan ini adalah masakan asli Jawa sehingga cita rasa manis lebih dominan, namun tetap terasa gurih karena menggunakan berbagai macam bumbu tambahan. Karena tidak mengandung daging, urap bisa dijadikan sebagai menu vegetarian atau bisa juga sebagai makanan pendamping nasi dan kelengkapan tumpeng Jawa.

Sayuran yang biasa digunakan yaitu bayam, kol, daun pepaya, daun singkong, kangkung, kacang panjang, taoge, namun sebenarnya variasi sayuran yang digunakan tidak terbatas, tergantung dari ketersediaan bahan dan kebiasaan saat mengkonsumsi sayur mayur. Beberapa tempat kadang  menggunakan sayuran mentah seperti irisan daun kencur atau daun kenikir. Kesimpulannya, tidak perlu khawatir jika sayur tertentu tidak tersedia. Toh hanya bermodalkan kol rebus dan tambahan sambal kelapa sudah bisa dinamakan urap (menurut saya lho … hehehe).

Harap perlu diingat, sayur rebus yang dicampur dengan kelapa parut adalah kombinasi yang bagus untuk mempercepat proses fermentasi (baca : cepat basi). Oleh karena itu, sebaiknya sambal kelapa dimasak terlebih dahulu agar bisa awet seharian dan atau kalau tidak dimasak, sebaiknya langsung dikonsumsi setelah dicampur dengan sayuran rebus. Sambal kelapa yang sudah dimasak dapat bertahan paling tidak seminggu jika disimpan dengan baik di dalam kulkas. sayuran rebus harus benar-benar tiris dari air dan campur sayur dengan kelapa hanya saat akan disajikan agar lebih awet.

 

urap sayur ala dapur percobaan

Baiklah, mari kita menuju ke resep dan cara membuat :

Print Recipe
Urap sayur (gudhangan)
sayur urap dengan cita rasa manis, gurih dan pedas
urap, sayur, gudangan
Course Side dish
Cuisine Tradisional
Prep Time 10 menit
Cook Time 10 menit
Passive Time 5 menit
Servings
orang
Ingredients
haluskan
sayuran
Course Side dish
Cuisine Tradisional
Prep Time 10 menit
Cook Time 10 menit
Passive Time 5 menit
Servings
orang
Ingredients
haluskan
sayuran
urap, sayur, gudangan
Instructions
  1. Campur bumbu yang dihaluskan dengan parutan kelapa, koreksi rasa. Masukkan ke dalam wadah, lalu kukus 5-10 menit, taruh dalam wadah. Sementara mengukus, mari kita siapkan sayurannya.
  2. Cuci bersih bayam, siangi, lalu rebus sebentar di dalam air mendidih, tiriskan.
  3. Potong kol, cuci bersih, rebus sebentar, tiriskan.
  4. Siram kecambah dengan air panas, diamkan sebentar, tiriskan.
  5. Potong 2-3 cm kacang panjang, cuci bersih, rebus sebentar dalam air mendidih, tiriskan.
  6. Tata sayuran dalam wadah, sajikan dengan bumbu urap yang telah dikukus. Atau jika yakin makanan akan langsung habis saat disajikan, campur sayuran dengan bumbu urap lalu hidangkan. Selamat mencoba.
Recipe Notes
  • Menggunakan kelapa yang terlalu tua seperti saat akan diambil santannya akan membuat rasa bumbu urap terlalu kering (sepo dalam bahasa jawa). Sebaiknya usahakan menggunakan kelapa yang masih muda tapi sudah cukup tua untuk diparut.
  • Jenis sayuran yang digunakan bisa direbus/dikukus/dibiarkan mentah, semua menyesuaikan selera masing-masing.
  • Bumbu urap juga bisa disajikan mentah tanpa dikukus tetapi tidak akan awet, terutama di daerah yang berhawa panas, maksimal setengah hari setelah dibuat karena akan basi dengan cepat.
  • Bumbu yang dicampur dengan sayuran sebaiknya segera disajikan dan segera habis karena juga tidak akan awet, kurang lebih hanya bertahan selama 10-11 jam di udara terbuka. Jika ingin disimpan agak lama, simpanlah secara terpisah.
  • Bumbu urap yang dikukus bisa bertahan selama lurang lebih 1 minggu dalam kulkas dalam wadah tertutup.
  • Bumbu urap yang disangrai akan bertahan lebih lama kurang lebih 1 bulan dalam kulkas dalam wadah tertutup karena kandungan airnya jauh berkurang.
Share this Recipe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *